Apa Indikator Peralatan Makan Anak Aman dan Sehat? Cek Beberapa Ulasan Berikut Ini

Peralatan makan anak merupakan bagian yang  tidak terpisahkan dari kegiatan sehari-hari si kecil. Bagaimana tidak, mulai si kecil memasuki masa MPASI diatas 6 bulan, mereka akan mulai menggunakan peralatan untuk makan. Jadi, pasti kamu penasaran dan ingin tahu kan, bagaimana indikator produk yang sehat untuk dipakai makan setiap hari oleh anak-anak. So, inilah beberapa hal yang membuat peralatan makan bagi si kecil aman dan bebas dari bahaya.

Label Food Grade pada Peralatan Makan Anak

Saat ini, kamu bisa dengan mudah menemukan label food grade di alat makan untuk si kecil terutama di bagian bawah. Untuk gelas dan piring atau mangkok, kamu akan menemukan di bagian bawah atau belakang. Label ini seperti gambar alat makan yaitu gelas dan garpu. Ada juga label segitiga yang di dalamnya ada angka 5. Label ini menunjukkan bahwa bahan terutama plastik dan mika yang dipakai bisa dicuci dan dipakai ulang untuk keperluan selanjutnya.

Peralatan Makan Anak Memiliki Bentuk yang Mudah Dicuci dan Ergonomis

Karena anak akan belajar makan sendiri, maka alat-alat untuk makan harus benar-benar mudah dipegang. Jangan memilih model yang terlalu unik, meski kamu tertarik karena lucu atau anti mainstream. Pastikan fokus pada fungsi utamanya yaitu untuk makan. Selain memudahkan si kecil dalam makan, bentuk peralatan untuk makan sangat berkaitan erat dengan proses pencuciannya. Dengan model yang terlalu rumit, maka proses pencuciannya pun semakin sulit. Akan sangat fatal akibatnya jika ada sisa makanan yang tersisa di bagian yang berulir atau berlapis. Jadi, cek ricek kembali pilihanmu ya.

Ukuran Sedang dan Permukaan Lembut dari Peralatan Makan Anak

Bukan hanya bentuk yang sangat mempengaruhi proses makan anak, tetapi juga ukuran dari peralatannya. Pilihlah yang ukurannya tidak terlalu besar dan kecil, terutama untuk sendok dan garpu. Untuk garpu, pastikan tidak ada ujung yang terlalu tajam dan sebaiknya pilih dari bahan silikon. Karena bubur MPASI juga masih bertekstur lembut, maka produk dengan bahan silikon akan tetap bisa mengakomodasi kebutuhan makan si kecil sampai menjelang usia 1 tahun. Setelah 1 tahun dan buah hatimu sudah makan makanan keluarga, gantilah produk dengan bahan silikon menjadi plastik BPA atau mika yang punya label food grade.

Peralatan Makan Anak Sebaiknya Ringan dan Bisa Menampung Air

Karena si kecil akan suka beraktivitas lain ketika makan, maka bisa saja ia membawa alat makan ke tempat bermain atau area lain di rumah. Jadi, jika memungkinkan kamu bisa membeli peralatan makan yang ringan untuk dibawa ke mana-mana. Tujuannya adalah supaya si kecil bisa membawanya dan tidak tumpah. Mangkok dengan penutup khusus yang bisa menampung air juga direkomendasikan supaya anak-anak tidak sering menumpahkan makanannya ketika beraktivitas lain di tengah-tengah acara makan.

Dari beberapa ciri dan indikator keamanan peralatan makan di atas, apakah produk yang kamu beli sudah mempunyai semuanya? Cek kembali jika alat yang kamu beli ternyata belum cocok. Karena hal ini berhubungan erat dengan kesehatan si kecil, maka alangkah baiknya kamu mengganti dengan produk yang sehat dan sudah ada labelnya. Jadi, si kecil pun akan bisa mengkonsumsi makanan secara sehat dan aman tanpa resiko terkena penyakit akibat salah memilih peralatan penunjangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *