Cara Membuat Lotion Anti Nyamuk Bayi Alami

Lotion Anti Nyamuk Bayi

Lotion anti nyamuk didesain untuk menghalau gigitan nyamuk pada kulit, nyamuk tidak akan bisa menggigit kulit yang sudah diolesi dengan lotion anti nyamuk. Penggunaan lotion anti nyamuk juga bisa dilakukan pada bayi. Lotion yang digunakan untuk bayi harus memiliki bahan yang aman sehingga tidak menyebabkan alergi atau iritasi pada bayi. Cara teraman untuk menghindari reaksi alergi selama penggunaan lotion anti nyamuk bayi adalah dengan membuat lotion sendiri yang terbuat dari bahan-bahan alami.  Berikut adalah cara membuat lotion anti nyamuk bayi alami yang bisa kamu coba di rumah.

1. Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat lotion anti nyamuk bayi yang pertama adalah minyak essensial, seperti citronella oil, rosemary, atau sereh hijau. Kamu bisa memilih aroma essensial oil yang bisa kamu gunakan sebagai bahan membuat lotion anti nyamuk. Untuk mendapatkan essensial oil itu kamu bisa mengolahnya secara alami dengan mengambil minyaknya secara langsung dari sereh merah, sereh hijau ataupun rosemary. Bahan kedua, baby oil. Ketiga, alkohol.

2. Cara Membuat

Siapkan wadah yang bersih dan steril, lalu masukkan essensial oil dan alkohol yang sudah disiapkan ke dalam wadah. Diamkan minyak essensial oil yang sudah kamu tentukan aromanya dengan alkohol selama 4 hari untuk proses fermentasi. Selama proses penyimpanan tersebut, pastikan kamu menyimpannya di tempat yang bersih dan terhindar dari paparan debu dan sinar matahari secara langsung. Aduk setiap sore dan pagi secara rutin.

Kemudian, setelah 4 hari proses fermentasi kamu bisa menambahkan baby oil dan lotion siap untuk digunakan. Kamu bisa mengoleskan tipis  lotion alami ini pada kulit bayi dan hindari daerah yang mengalami luka atau ruam. Jangan mengoleskannya pada bagian mata dan mulut.

Tips Agar Ruangan Tidak Menjadi Sarang Nyamuk

Keberadaan nyamuk sangat mengganggu terutama jika nyamuk tersebut dalam jumlah banyak dan sering menggigit. Tentu hal tersebut akan membuat kamu merasa tidak nyaman untuk berada di dalam sebuah ruangan. Jika ruangan atau tempatmu tinggal sering menjadi sarang nyamuk maka ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar nyamuk tidak lagi bersarang di ruangan dan tempatmu tinggal.

1. Tutup Wadah Atau Genangan Air

Nyamuk menyukai genangan air karena di dalam genangan air nyamuk biasa bertelur. Oleh karena itu, jika ada genangan air atau wadah yang berisi air segera membuangnya dan tutup wadah tersebut agar tidak menjadi sarang nyamuk. Biasanya genangan air terjadi di halaman rumah, maka dari itu rajinlah untuk memeriksa kondisi halaman setelah hujan turun agar tidak ada genangan air yang muncul dan menjadi sarang nyamuk.

2. Hindari Menggantung Baju dan Menumpuk Barang

Nyamuk hidup dan berkembang biar di tempat baju biasa digantung. Baju yang digantung biasanya menjadi host bagi nyamuk. Nyamuk akan merasa nyaman untuk tinggal di tempat baju digantung atau tumpukan barang karena memiliki cahaya yang minim dan cenderung gelap. Terlebih jika yang digantung adalah baju kotor atau basah, bisa memicu nyamuk untuk tinggal di dalamnya. Jika ingin menggantung baju, kamu bisa menyemprot baju dengan pengharum baju agar tidak dijadikan host bagi nyamuk.

3. Tutup Jendela Di Malam Hari

Nyamuk biasanya akan masuk dari luar rumah saat malam hari maka dari itu selalu tutup jendela rumah ketika malam hari agar nyamuk tidak masuk. Kamu juga bisa menambahkan penggunaan  kain kasa untuk menghalau nyamuk masuk. Kamu bisa menerapkan cara ini untuk ruangan atau tempat tidur bayi.

4. Potong Tanaman Liar

Nyamuk menyukai tanaman yang tumbuh lebat dan tidak terawat sebagai tempat tinggalnya. Tanaman liar memiliki suhu yang lembab dan gelap sehingga nyamuk bisa bertelur dan berkembang biak di tempat seperti itu. Jadi, selalu potong tanaman liar di sekitar halaman rumah agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Dengan menjaga lingkungan sekitar dan lebih peduli terhadap hal-hal kecil kamu bisa mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Kondisi rumah yang bersih dan terang akan membuat nyamuk enggan tinggal di dalamnya. Nyamuk menyukai tempat yang lembab, gelap dan kotor. Jadi, selalu jaga kebersihan rumah dan lingkunganmu tinggal agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *