Cara Mengisi Balon Huruf Dengan Mudah

balon huruf

Balon merupakan elemen dekorasi yang bisa seketika mengubah suasana menjadi sangat fun! Selebrasinya sangat terasa ketika kamu menambahkan balon untuk acaramu. Apalagi, jika itu balon huruf yang bisa dirangkai hingga membentuk nama seseorang yang sedang merayakan acara tersebut. Nah, agar bisa menggunakan balon huruf, tentu saja kamu harus mengisinya dengan udara. 

Balon huruf sendiri terbuat dari bahan lateks yang kuat. Maka dari itu, karet balon biasanya lebih tahan lama jika dibandingkan dengan lateks yang biasa. Kamu bisa mengisikan udara ke dalam balon dengan menggunakan pompa atau juga meniupnya. Jadi, tinggal pilih mau menggunakan cara yang mana, gunakan saja metode yang menurutmu paling nyaman. Yuk, simak cara-caranya! 

1. Meniup Balon Secara Manual 

Ini bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Kamu cukup menggunakan sedotan untuk meniupkan udara ke dalam balon. Siapkan balon huruf kamu dahulu, posisikan lubangnya dekat tanganmu. Kemudian, ambil sedotan. Lalu, buka bagian penutup lubang balon tersebut, masukkan sedotan ke dalamnya dengan posisi agak dalam. Jadi, sedotan tidak mudah bergeser dan terlepas. 

Jepit kedua sisi kanan dan kiri sedotan untuk menghalangi udara menembus keluar melalui celah tersebut. Sekarang, kamu tinggal meniup balonnya untuk mengisikan udara ke dalamnya. Lakukan sampai balon menggelembung. Periksa apakah balon sudah padat ketika disentuh. Kalau sudah, maka artinya balonmu sudah berisi udara yang cukup. Lepaskan sedotan lalu tutup kembali lubang balonnya. 

2. Menggunakan Pompa Udara 

Kamu bisa menggunakan pompa udara dengan ujung yang kecil untuk memperoleh hasil terbaik. Siapkan balonmu, lalu masukkan ujung pompa ke dalam lubang udara balon. Pegangi kedua sisi kanan dan kiri balon di sebelah ujung pompa yang sudah masuk, untuk mencegah udara keluar dari celah tersebut. Kini tinggal mengisikan udaranya. 

Isikan udara ke dalam balon hurufmu dengan menggunakan pompa yang sedang kamu pakai. Teruskan mengisikan udara sampai balonmu 98% penuh. Biasanya, dengan kadar udara seperti ini, balon sudah padat tapi masih kurang bisa memantul. Nah, kamu tinggal menyesuaikan lagi isi udaranya sampai balon mencapai kepadatan yang kamu inginkan. Lepaskan pompa, tutup kembali lubang udara balonnya. 

3. Mengisi Balon dengan Helium 

Pertama, masukkan ujung pipa tabung helium ke dalam balon. Masukkan agak ke dalam agar tidak mudah terlepas. Caranya mirip seperti cara-cara sebelumnya. Tekan erat sisi kanan dan kiri ujung pipa tersebut untuk menghalangi udara bocor keluar saat balon dipompa. Kemudian, jika sudah, kamu bisa langsung memompanya dengan mengisikan helium ke dalam balon. 

Saat balonmu sudah terasa padat, kamu bisa berhenti memompa. Lepaskan ujung pipa dari lubang udara balon dan tutup kembali lubangnya dengan rapat. Perbedaan menggunakan helium adalah kamu bisa menggunakan balon untuk jangka waktu yang lebih sebentar daripada balon yang berisi udara biasa. Ini karena balonnya lebih mudah menciut. Balon berisi helium bisa bertahan selama tiga sampai tujuh hari saja. 

 

Itu tadi berbagai cara mengisi balon huruf. Kamu bisa menggunakan cara yang menurutmu paling mudah, serta sudah ada peralatannya di rumah. Kalau mau balon huruf milikmu lebih awet, kamu bisa mengisikan udara biasa ke dalamnya. Bahkan, cukup meniupnya dengan menggunakan sedotan juga sudah cukup. Namun, jika balonnya banyak dan pasti melelahkan meniupnya satu per satu, kamu bisa menggunakan pompa udara atau mengisinya dengan helium. Gampang banget, kan?  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *