Gigi Anak Sering Bermasalah, Simak Tips Memilih Pasta Gigi Bayi yang Tepat! 

Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang menjadi momok untuk siapapun, termasuk untuk kamu  yang sudah dewasa sekalipun. Siapapun bisa mengalami sakit gigi apabila kondisi gigi kurang bersih ataupun salah mengonsumsi makanan tertentu. Tentunya anak, bahkan bayi pun tidak luput dari permasalahan satu ini. 

Banyaknya pasta gigi bayi yang beredar di pasaran pun menuntut kamu untuk jeli dalam memilihnya. Jangan sampai kamu  salah memilih pasta gigi bayi yang hanya memicu terjadinya permasalahan gigi pada anak. Tidak ada kan orang tua yang mau melihat anaknya menderita karena sakit gigi? Nah berikut adalah tips memilih pasta gigi yang bisa kamu tiru: 

Adanya kandungan fluoride 

Fluoride adalah salah satu kandungan yang harus ada di pasta gigi dan berfungsi untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada gigi. Perlu kamu ingat untuk memperhatikan kandungan fluoride dalam pasta gigi, jangan sampai kandungannya terlalu tinggi dan hanya akan membahayakan buah hati. Untuk pasta gigi bayi sendiri, kandungan fluoride maksimalnya hanya 500 ppm. Berbeda dengan pasta gigi orang dewasa, kandungan maksimal flouridenya adalah 1,000 ppm.  

Memastikan pasta gigi sudah bersertifikasi 

Banyaknya pasta gigi yang beredar di masyarakat membuat kamu harus lebih cermat dalam memilihnya, termasuk memastikan sudah adakah sertifikasi untuk pasta gigi tersebut. Bukan hanya mengantongi sertifikasi BPOM saja, pasta gigi yang memang berkualitas juga sudah harus lolos uji coba ADA alias American Dental Association ataupun Persatuan Dokter Gigi Indonesia.  

Pastikan jika pasta gigi mengandung baking soda 

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan ketika memilih pasta gigi bayi adalah ada atau tidaknya kandungan baking soda. Baking soda sendiri merupakan salah satu kandungan yang berfungsi sebagai agen pembersih alias gigi pun bisa bersih dengan lebih maksimal karena adanya kandungan ini. Selain itu, baking soda juga akan membuat nafas terasa lebih segar.  

Memilih pasta gigi tartar 

Pasta gigi tartar juga bisa jadi pilihan tepat untuk pasta gigi bayi. Pasta gigi satu ini mampu menghilangkan lapisan plak yang biasanya ada di permukaan gigi. Tartar sendiri terbuat dari berbagai bahan aktif seperti pirofosfat, triclosan, dan seng nitrat.  

Kandungan deterjen yang sedikit 

Deterjen adalah salah satu kandungan utama yang ada pada pasta gigi. Kandungan deterjen inilah yang berfungsi untuk menghasilkan busa ketika menyikat gigi dan meminimalisir munculnya sariawan. Meskipun begitu, perlu diingat untuk tidak memilih pasta gigi yang kandungan deterjennya terlalu tinggi karena bisa merusak gigi anak. 

Hindari pasta gigi pemutih 

Tidak bisa dipungkiri jika banyak orang memilih pasta gigi pemutih karena menginginkan warna giginya menjadi lebih putih dan terlihat lebih menarik. Perlu kamu ketahui jika kandungan pada pasta gigi pemutih ini justru bisa membahayakan kesehatan gigi. Untuk mendapatkan gigi putih pun bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan dan jauh dari iming-iming yang ada di iklan 

Ketahui jenis gigi anak 

Layaknya memilih produk lainnya, kamu juga perlu memastikan dulu jenis gigi anak supaya bisa mendapatkan pasta gigi bayi yang tepat. Apabila gigi anak termasuk gigi sensitif, maka kamu perlu memilih pasta gigi yang memang khusus untuk gigi sensitif.  

Pastinya sudah tidak bingung lagi kan untuk memilih pasta gigi bayi yang tepat? Memilih pasta gigi memang tidak boleh sembarangan karena kandungan bahan kimia yang berlebihan bisa menghambat pertumbuhan gigi. Bisa juga kamu mengkonsultasikan pemilihan pasta gigi dengan dokter yang terpercaya supaya pasta gigi aman untuk dikonsumsi anak. Yuk berikan perlindungan gigi yang terbaik untuk buah hati!  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *