Harus Cermat Ketika Memilih Shampoo Untuk Anak 5 Tahun 

Kesehatan anak adalah salah satu tanggung jawab orang tua sejak anaknya lahir ke dunia ini. Kesehatan pun bukan berarti anak jauh dari berbagai penyakit, namun kebersihan anak dari ujung kepala sampai kaki. Oleh sebab itulah orang tua harus rutin memandikan anak setidaknya 2 kali dalam sehari, yaitu saat pagi dan sore hari. 

Ketika memandikan anak, ada salah satu hal hal yang tidak boleh ketinggalan yaitu keramas. Kesehatan rambut anak pun harus dijaga semaksimal mungkin dengan shampoo untuk anak 5 tahun. Lalu sebenarnya bagaimana sih cara memilih shampoo anak yang tepat? Tidak mau kan rambut anak bermasalah hanya karena salah pilih shampoo? Nah berikut adalah tips memilih shampoo anak yanag bisa dicoba:  

Memilih shampoo yang sesuai dengan kulit kepala 

Sama seperti halnya memilih shampoo untuk diri sendiri, kamu juga perlu tahu dulu apa sebenarnya tipe kulit kepala buah hati. Jangan sampai kamu salah memilih shampoo untuk anak karena sama saja dengan membuang uang sia-sia. Misalnya saja apabila rambut anak cenderung berminyak ataupun kering, maka kamu perlu membeli shampoo yang memang mengandung formula khusus untuk rambut berminyak.  

Hindari shampoo yang mengandung deterjen 

Bukan rahasia lagi pastinya jika kamu  harus mengamati kandungan shampoo dengan jeli supaya mendapatkan shampoo yang memang benar-benar aman untuk buah hati. Salah satu kandungan shampoo yang harus dihindari adalah deterjen yang dapat merusak rambut sewaktu-waktu. Pastinya kamu  tidak mau kan jika rambut buah hati rusak hanya karena salah memilih shampoo kan?  

Pilih tingkat keasaman yang rendah 

Salah satu kesalahan ketika memilih shampoo untuk anak 5 tahun adalah kurang memperhatikan betul tentang kandungan yang ada dalam shampoo, terutama untuk tingkat keasamannya. Semakin tinggi tingkat keasaman pada shampoo, maka resiko rambut rusak pun juga akan semakin tinggi – terlebih rambut anak belum sekuat orang dewasa. 

Mengandalkan shampoo organik 

Di zaman serba maju ini, bukanlah suatu hal yang sulit untuk menemukan shampoo untuk anak 5 tahun organik alias tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Memilih shampoo organik merupakan pilihan tepat karena mengurangi paparan bahan kimia ke kulit anak. Beberapa bahan alami yang biasa ditemukan pada shampoo organik antara lain adalah lidah buaya, telur, portein kedelai, shea butter, dan masih banyak lagi.  

Menghindari shampoo dengan pewarna buatan 

Banyaknya jenis shampoo untuk anak 5 tahun yang tersedia di pasaran juga merupakan keuntungan sendiri untuk kamu karena bisa memilih shampoo yang tidak mengandung pewarna sama sekali. Pewarna buatan sama saja dengan zat kimia yang keras yang lama kelamaan bisa merusak rambut anak. Sebaliknya, kamu perlu memilih shampoo untuk anak 5 tahun yang mengandung banyak vitamin sehingga kebutuhan nutrisi rambut bisa terpenuhi dengan baik.  

Memilih shampoo yang mengandung hypoallergenic 

Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan ketika memilih shampoo untuk anak 5 tahun masih pada kandungannya, yaitu adakah kandungan hypoallerganic. Seperti namanya, zat hypoallergenic sendiri berarti meminimalisir timbulnya reaksi alergi pada kulit kepala anak. Selain mencegah kerontokan ataupun berbagai permasalahan rambut lainnya, adanya hypoallergenic juga mampu meminimalisir timbulnya berbagai reaksi alergi pada anak ketika mencoba shampoo baru. 

Tidak susah kan untuk memilih shampoo untuk anak 5 tahun yang memang sesuai dengan kebutuhan? Memilih shampoo untuk anak memang diperlukan kesabaran lebih mengingat struktur rambut yang belum sekuat orang dewasa. Yuk berikan perlindungan terbaik untuk anak agar kesehatan rambutnya bisa terjaga sepanjang hari! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *