Ini Dia Tips Merawat Tas Sekolah Anak Laki-Laki! 

tas sekolah anak laki laki

Anak mempunyai banyak sekali kebutuhan sekolah seperti buku, alat tulis, seragam, sepatu, tas, dan masih banyak lagi. Terkadang juga, tidak sedikit uang yang dikeluarkan untuk membeli beberapa keperluan sekolah ini. Maka dari itu, sebagai orangtua kamu harus mengajarkan dan membimbing anak untuk senantiasa merawat barang-barang keperluan sekolahnya. Dengan begitu, barang-barang tersebut bisa awet dan digunakan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini juga pasti berdampak pada keuangan kamu bukan? Barang yang bisa digunakan dalam waktu yang lama bisa menghemat pengeluaran karena kamu tidak harus selalu membelinya. Untuk tas sekolah anak, terdapat beberapa cara untuk merawatnya. Dengan merawat tas sekolah, kamu tidak perlu membelikan anak tas sekolah setiap tahunnya kalau kondisinya masih sangat bagus. Untuk itu, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui beberapa tips merawat tas sekolah anak laki-laki. 

Tips-Tips Merawat Tas Sekolah Anak Laki-Laki Yang Perlu Kamu Ketahui 

Untuk merawat tas sekolah anak laki-laki agar tetap bagus dan bisa digunakan dalam waktu yang lama, kamu bisa mengikuti tips-tips berikut ini.

1. Hindarkan Dari Benda Tajam

Tips pertama yang harus kamu perhatikan adalah menghindarkan tas dari benda-benda tajam. Hal ini dikarenakan kebanyakan tas sekolah anak laki-laki terbuat dari bahan parasut, kain, dan bahan lain yang bisa robek jika terkena benda tajam. Mungkin kamu tidak menyadari hal ini. Akan tetapi terdapat banyak benda di sekitar anak yang bisa beresiko merusak tas seperti jangka, penggaris besi, ujung pensil yang tajam, dan hal lainnya. Maka dari itu, kamu bisa membimbing anak untuk selalu berhati-hati agar tidak terkena benda tajam pada dirinya maupun barang-barangnya.

2. Cuci dan Keringkan

Hal lain yang pastinya harus diperhatikan adalah kebersihan. Kebersihan merupakan aspek nomor satu. Untuk tas anak-anak sendiri, tas biasanya rentan terkena berbagai macam kotor. Bisa karena terjatuh atau terkena tumpahan minuman atau makanan anak. Maka dari itu, tas sekolah anak laki-laki sangat mudah kotor.  

Kamu bisa membantu dan mengarahkan anak untuk membersihkan tasnya. Hal ini cukup mudah. Kamu cukup mengambil sedikit sabun cuci dan sikat kecil. Sikat bagian yang kotor sampai bersih. Untuk mengeringkannya, kamu bisa menggantinya dan membiarkannya terangin. Jangan menggunakan mesin cuci dan pengering atau mengeringkannya di bawah sinar matahari langsung. Hal ini dikarenakan bisa merusak bahan tas itu sendiri. 

  1. Hindari Bobot Berlebih

Untuk menjaga keawetan tas sendiri, kamu bisa mengingatkan anak untuk tidak membawa bobot yang berlebih. Selain bisa merusakan elastisitas bahan tas, hal ini juga bisa merugikan bagi anak itu sendiri. Bobot yang terlalu berat bisa membuat anak mengalami pegal atau bahkan cedera punggung. Maka dari itu, pastikan jika anak tidak bawa bobot berlebih pada tasnya. Kamu bisa membeli anak tas model trolley dengan roda di bawahnya jika dirasa bawaan ke sekolah lumayan banyak. 

Itulah beberapa tips untuk merawat tas sekolah anak laki-laki. Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa anak perempuan dan anak laki-laki pastinya berbeda. Cara mereka menggunakan dan merawat tasnya pun berbeda. Maka dari itu, sebagai orangtua yang baik, kamu bisa mengarahkan, menuntun, dan membantu anak untuk merawat serta membersihkan tas sekolahnya. Dengan begitu, mereka juga bisa belajar untuk bertanggung jawab atas barang milik mereka sendiri. Jadi, sudah siap untuk merawat tas bersama si kecil? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *