Jangan Salah! Ini Tips Memilih Humidifier Untuk Bayi Paling Tepat 

Tips memilih humidifier untuk bayi tentunya sangat dibutuhkan oleh banyak orang, terutama orang tua milenial. Bagaimana tidak, alat ini dianggap mampu membantu melembabkan bagian pernapasan pada bayi dan mengeluarkan lendir. Dengan fungsi yang sangat besar tersebutlah, kamu harus selektif dan jangan sampai salah dalam memilih humidifier untuk bayi. Lalu, apa saja yang harus dilakukan orang tua? Inilah beberapa tips memilih humidifier untuk bayi yang bisa dilakukan.  

Ketahui Dulu Jenis-jenis Humidifier Untuk Bayi dan Fungsinya 

Tips memilih humidifier untuk bayi yang pertama adalah kenali dulu jenis-jenis humidifier pada bayi. Tahukah kamu? Ada beberapa jenis dan fitur humidifier yang berbeda satu sama lain. Misalnya steam humidifier. Alat elektronik ini akan bisa membantu mensterilkan udara. Selain itu, sesuai dengan namanya yaitu steam, ruangan tempat bayi tidur akan menjadi hangat dengan alat ini. Selain steam humidifier, ada juga hybrid humidifier yang cukup sesuai untuk memenuhi kebutuhan bayi. Mesin pembuat uap ini akan bisa membantu ruangan agar lebih higienis. Mengapa demikian? Karena daya humidifikasinya cukup rendah.  

Bandingkan Ukuran Humidifier dengan Ruangan Tidur Si Kecil 

Tips memilih humidifier untuk bayi yang selanjutnya adalah hitung berapa kapasitas dari humidifier. Mengapa demikian? Faktanya, ada humidifier yang cocok untuk digunakan di ruangan kecil dan sebaliknya, lebih sesuai ditempatkan di lingkungan yang besar. Oleh karena itulah, untuk ruangan yang mini, pakai saja humidifier tipe desktop. Lalu, apabila ruangan tempat si kecil tidur lebih besar, gunakan humidifier tipe stationary. Jangan sampai salah pilih dalam tahap ini, karena tingkat keefektifan alat elektronik tersebut juga akan terpengaruh.  

Mau Tambahan Fitur? Pilih Humidifier Bayi dengan Aromaterapi Serta Timer 

Banyak humidifier yang menawarkan beberapa fitur tambahan seperti aromaterapi. Jadi, bayi akan lebih tenang dalam melakukan aktivitas tidur siang maupun malam. Bukan hanya itu, karena aromaterapinya kadang juga berfungsi untuk mengusir serangga dan utamanya nyamuk, maka tentu kamu akan sangat diuntungkan dengan hal ini. Selain aromaterapi, kamu juga bisa memilih humidifier yang dilengkapi self timer atau timer otomatis. Jadi, tanpa harus disetel ulang kamu akan bisa menggunakannya setelah dinyalakan. Ketika pagi hari,jika kamu lupa mematikannya alat ini akan bisa mati secara otomatis. Sangat praktis kan?  

Sesuaikan Bentuk Dengan Kemampuan Pembersihan 

Karena harus dibersihkan secara rutin, maka kamu juga harus memastikan bahwa bentuk dari humidifier yang dipilih tidak terlalu sulit untuk dibuka. Karena pasti jika dibersihkan maka humidifier harus dibuka per bagian dan setelah itu digunakan treatment khusus untuk membuatnya bisa dipakai kembali. Jika terlalu sulit untuk dibongkar pasang, maka kamu harus benar-benar memiliki waktu lebih untuk bisa memastikan tiap sudutnya terakomodasi. Namun apabila kamu adalah tipe orang tua yang cukup sibuk, maka belilah yang lebih simple dibongkar pasang.  

Ternyata, tidak mudah memilih humidifier untuk bayi bukan? Ya, karena itulah kamu benar-benar harus selektif saat bicara soal humidifier. Apalagi nantinya akan dipakai oleh bayi, yang notabene kondisi kesehatan nya akan lebih lemah dibanding dengan orang dewasa. Itulah beberapa tips memilih humidifier untuk bayi yang bisa diterapkan oleh siapa saja. Jangan lupa libatkan pasangan untuk memilih yang terbaik untuk si kecil. Agar ada second opinion yang lebih objektif dan pastinya sesuai kebutuhan dari masing-masing bayi.  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *