Langkah Mudah Mengajarkan Cara Pakai Pasta Gigi Anak yang Benar 

Pasta Gigi Anak

Salah satu produk perawatan bayi dan anak adalah pasta gigi anak. Kamu mungkin sudah berbelanja produk perawatan ini sebelumnya, tetapi sudah tahukah kamu bagaimana cara memakaikannya? Kita sebagai orang dewasa tentu sudah tahu bagaimana caranya menyikat gigi, namun lain halnya dengan si kecil. Ia mungkin sebenarnya membutuhkan panduan dari orang dewasa. Atau mungkin ini adalah momen pertama kalinya ia menyikat gigi. Kamu harus ada untuknya supaya ia bisa terus menyikat gigi dengan benar hingga dewasa nanti. Sebab, jika penyikatan tidak benar, penyakit mulut, dan karang gigi bisa dengan mudah datang. Kesehatan dan kebersihan mulut juga bisa terganggu bila tidak bersih saat menyikat gigi. Tenang saja, kali ini kamu akan belajar bagaimana cara pakai pasta gigi anak. Setelahnya, kamu bisa mengajarkan pada si kecil. 

Langkah Pertama: Memilih Pasta Gigi Anak dengan Kandungan Khusus 

Sebelum melangkah ke bagaimana cara menggunakannya, kamu harus tau dulu bagaimana cara memilih pasta gigi anak. Saat berbelanja, kamu melihat ada banyak produk pasta gigi untuk anak bukan? Ada yang bergambar buah-buahan, ada yang tidak, serta ada yang mahal ada juga yang cukup murah. Harga bukan pertimbangan baik tidaknya pasta gigi untuk si kecil. Sebab, berbeda kondisi berbeda pula pasta gigi yang ia butuhkan. jika saat ini si kecil sedang mengalami fase pertumbuhan gigi, maka pilihlah pasta gigi yang kaya akan fluoride. Unsur kimia ini dikenal baik untuk pertumbuhan gigi. Namun jika masa pertumbuhan gigi anak ini sudah selesai, kamu bisa memberikannya pasta gigi yang buah-buahan supaya ia semakin rajin membersihkan giginya. Terbukti lain kebutuhan bukan? Adapun buah-buahan yang biasa ada di pasta gigi untuk anak adalah buah jeruk dan buah stroberi. Namun ada juga produk pasta gigi anak yang menyertakan kandungan buah-buahan. 

Langkah Kedua: Perhatikan dan Atur Porsi Sikat Gigi 

Kamu pasti sudah tahu sikat gigi seperti apa yang diperuntukkan anak-anak. Ya, yang berukuran kecil dan biasa hadir dengan warna-warni. Selain itu, kamu harus tahu berapa apsta yang seharusnya dioles pada sikat gigi tersebut. Anak yang baru saja atau baru awal-awal menyikat gigi harus diberi pasta yang tak terlalu banyak, bisa setengah dari ukuran sikat. Namun, jika sudah satu minggu lebih atau anak sudah terbiasa, maka berilah pasta penuh seukuran sikat. Ajarkan pada anak tentang hal ini, supaya kedepannya ia bisa lebih mandiri. Nantinya, saat anak sudah beranjak lebih besar dan membutuhkan sikat gigi orang dewasa, katakan bahwa pasta yang digunakan tidak perlu banyak-banyak. 

Langkah Ketiga: Ajarkan Untuk Tidak Menelan  

Katakan pada si kecil bahwa menelan sikat gigi itu tidak baik. Mungkin beberapa orang tau diluar sana lupa mengatakan ini, dan menganggap anak sudah tahu sendiri tanpa perlu diberitahu. Perjelaslah bahwa meskipun pasta gigi tersebut memiliki rasa manis atau berbau buah-buahan, itu tetap saja zat kimia yang seharusnya tidak masuk ke dalam tubuh. Jangan hanya itu saja, jelaskan pada anak apabila tidak sengaja tertelan maka saat selesai menyikat gigi minumlah air putih. 

Begitulah cara pakai pasta gigi anak yang benar dan cukup sederhana sebenarnya. Sayangnya, tak semua orang tua melakukan hal tersebut. Kamu sebagai orang tua yang perhatian sebaiknya mengajarkan hal ini pada mereka agar si kecil terbiasa menerapkan pola hidup sehat. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *