Meski Bentuknya Simple, Inilah Manfaat dari Empeng Bayi

Empeng bayi merupakan benda yang hampir dimiliki oleh seluruh bayi di negeri Indonesia. Sebagai orang tua, memilih yang berkualitas tentu menjadi tantangan tersendiri karena banyaknya jenis empeng yang justru berbahaya bagi bayi. Kamu bisa memberikan empeng untuk bayi karena benda ini dapat memberikan keuntungan. Apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari empeng ini? berikut beberapa diantaranya.

Empeng Bayi Mengurangi Resiko Kematian Mendadak

Kejadian mati mendadak pada bayi merupakan kasus yang dapat terjadi kapan saja. Peristiwa ini biasa disebut dengan Sudden Infant Death Syndrome atau SIDS. SIDS dapat menyerang bayi kamu kapanpun tanpa mengenal waktu. Bayangkan saja jika buah hati kecil kamu sedang tertidur pulas tapi ternyata tubuhnya sudah terbujur kaku dan tidak pernah bangun lagi. Pasti akan membuatmu shock berat bukan? Meskipun tidak dijelaskan bagaimana cara kerjanya, banyak ahli yang mengatakan bahwa empeng dapat menekan resiko SIDS pada bayi.

Empeng Bayi dapat Memenuhi Kebutuhan Atas Refleks Menghisap

Bayi mungil kamu mempunyai keinginan alami untuk menghisap. Dengan memberikan empeng, kamu dapat menunda waktu pemberian ASI untuk si kecil. Biasanya bayi akan tetap rewel meskipun sudah banyak minum ASI atau susu dari botol formula. Pemberian empeng pada si kecil dapat memenuhi kebutuhan menghisapnya tanpa membuat bayi kekenyangan. Jika kamu terus-terusan memberikan asupan susu meskipun bayi sudah kenyang, nantinya bayi bisa muntah. Karena itu dalam hal ini pemberian empeng akan sangat membantu.

Menenangkan Diri

Terus menghisap empeng bisa membuat bayi merasa tenang. Menghisap empeng atau dot akan membuat bayi merasa aman dan nyaman. Jadi kamu bisa mengendalikan perasaan bayi melalui empeng ini. Para bayi biasanya akan langsung tenang saat rewel karena sudah menghisap sesuatu. Kamu bisa memberikan empeng agar bayi merasa tenang. Bahkan dalam situasi yang bisa membuat bayi bingung dan menangis, empeng dapat membantu kamu. Misalnya saja saat bayi akan disuntik imunisasi atau saat akan diambil darahnya untuk cek lab, bayi akan lebih tenang jika menghisap sesuatu. Kamu bisa memberikan empeng bayi untuk menjaga ketenangan bayi.

Empeng Bayi Bisa Membantu Tidur Nyenyak

Apakah empeng bisa membuat bayi tertidur? Pertanyaan ini kerap muncul di benak para bunda bukan? Penggunaan empeng memang dapat membantu bayi untuk cepat tidur. Karena rasa nyaman yang sudah dirasakan dengan menghisap empeng, maka bayi akan lebih cepat tidur dari biasanya. Bahkan ketika bayi terbangun di tengah malam dan menginginkan susu, kamu bisa memberinya empeng setelah dirasa perut bayi sudah kenyang minum air susu yang kamu berikan. Cara ini efektif untuk menghindarkan bayi dari kekenyangan yang dapat mengakibatkan muntah, sehingga bayi tidak akan rewel saat tidur.

Empeng Bayi dapat Membantu Mengontrol Hisapan

Kamu bisa memberikan empeng saat kamu masih sibuk dengan pekerjaan rumah. Biasanya saat sudah merasa bayi kenyang, maka kamu akan menghentikan pemberian air susu. Jadi kamu bisa memberikan empeng sebagai hiburan sejenak agar bayi tidak berganti menghisap jarinya. Bayi akan selalu mencari sesuatu untuk dihisap setiap waktu karena perkembangan alaminya. Kamu pun juga bisa mengatur waktu kapan saja bayi bisa menggunakan empeng sehingga hisapan bayi lebih terkontrol.

Empeng bayi dapat memberikan banyak manfaat buat kamu. Jadi pastikan untuk memberikan empeng dengan kualitas yang baik agar bayi terhindar dari kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *