Siaga Satu! Saat Mendekati HPL, Siapkan Perlengkapan Melahirkan Ini

Perlengkapan melahirkan adalah benda-benda yang wajib dipersiapkan menjelang HPL. Bahkan, karena sifatnya yang tidak basi, alat-alat tersebut bisa kamu masukkan ke dalam satu tas saat H-30 atau sebulan sebelum perkiraan kelahiran. Faktanya, sangat banyak bayi yang lahir sebelum HPL, sehingga kamu dan pasangan harus waspada dan mempersiapkan dari jauh hari. Mengapa demikian? Selain mengurangi kepanikan, kamu juga bisa memikirkan kebutuhanmu secara santai dan tidak terlalu terburu-buru, berbeda jika kamu menyiapkannya mendadak. Lantas, apa saja sih benda yang dimaksu? Inilah daftarnya yang wajib dicatat.

Dokumen Penting

Meskipun tidak berhubungan langsung dengan proses kelahiran, tetapi tanpa adanya dokumen kamu akan kesulitan untuk melakukan perekaman data. Rujukan apabila terjadi kondisi darurat juga membutuhkan dokumen penting. Bawalah data yang berkaitan dengan ibu dan anak mulai dari KTP ibu, KTP ayah, buku KIA, rekam medis ibu, dan kartu keluarga. Jadi, kamu akan lebih siap untuk memproses data apabila dibutuhkan untuk rujukan mendadak terutama jika tidak melahirkan di rumah sakit besar.

Perlengkapan Ganti Ibu

Perlengkapan ganti yang dimaksud adalah pakaian dalam, baju ganti, pembalut nifas, sarung, dan hijab jika dibutuhkan. Untuk pakaian dalam, pilihlah bra menyusui untuk atasan dan celana dalam khusus untuk nifas agar kamu lebih nyaman bergerak. Pastikan kamu memilih baju ganti yang mudah diakses untuk menyusui. Lalu, kamu juga bisa menggunakan sarung sebagai bawahan atau kain jarik, apabila terasa tidak nyaman di bagian bawah saat menggunakan rok atau celana. Namun, sangat disarankan pilih baju terusan saja sehingga tidak membebani di bagian perut.

Perlengkapan Bayi

Perlengkapan melahirkan yang selanjutnya adalah perlengkapan bayi. Mulai dari diapers atau popok biasa, alas tidur anti air, baju, kain bedong, gendongan, topi, jaket, kaos kaki serta kaos tangan. Perlengkapan tersebut sangat penting bagi bayi karena mereka pasti kondisinya kedinginan pasca keluar dari rahim yang sangat hangat. Dengan demikian, pakaian yang dikenakan harus nyaman, hangat serta terbuat dari bahan baby friendly.

Perlengkapan Melahirkan Lainnya

Selain beberapa perlengkapan untuk ibu dan bayi, ada juga beberapa hal yang harus dipersiapkan. Pertama adalah selimut baik untuk ibu maupun bayi. Di rumah sakit atau rumah praktek bidan biasanya ada selimut yang disediakan. Namun, apabila suasana lebih dingin, tidak cocok dengan selimut di sana atau alergi dengan kain tertentu maka sebaiknya membawa sendiri. Lalu, selain selimut yang harus dibawah berikutnya adalah jam tangan, ponsel, baju ganti ayah, charger, power bank  dan alat tulis. Meskipun kedengaran sepele, tetapi di suasana genting perlengkapan ini sangat penting. Jam tangan berfungsi untuk selalu memantau waktu, terutama jika ponsel mati. Ponsel harus selalu dibawa untuk memberikan kabar pada keluarga. Baju ganti ayah juga perlu dibawa apabila terpaksa menginap dan tidak ada yang menggantikan jaga. Sedangkan alat tulis dibutuhkan untuk mencatat hal-hal darurat saat mungkin ponsel mati.

Yuk jadi keluarga siaga dengan mempersiapkan bersama aneka perlengkapan melahirkan di dalam satu tas khusus. Jangan lupa untuk membawa juga bahan-bahan yang diperlukan untuk menyempurnakan proses kehamilan. Namun, untuk bahan makanan, obat dan lainnya kamu harus melihat dulu kapan tanggal kadaluarsanya. Jadi, persiapannya sedikit lebih kompleks dibanding saat mempersiapkan perlengkapan yang berupa alat-alat. Selamat menunggu kehadiran buah hati tercinta ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *