Tips Memilih Popok 0-6 Bulan

tips memilih popok

Pernahkah anak menangis sepanjang malam tanpa sebab yang jelas? Tentunya situasi seperti ini sangat mengganggu kamu beserta pasangan di mana seharusnya kamu bisa beristirahat dengan tenang. Menangisnya buah hati di malam hari pun sering kali kurang jelas apa penyebabnya.

Apakah buah hati yang rewel saat malam hari hanya disebabkan karena kondisinya kurang fit? Masih banyak faktor lainnya yang bisa jadi faktor pemicu anak rewel, salah satunya karena popok 0-6 bulan yang sudah kotor. Bisa jadi kamu salah memilih popok yang justru menyebabkan buah hati tidak nyaman saat tidur. Memang sebenarnya bagaimana sih cara memilih popok bayi yang benar? Berikut adalah tips memilih popok yang tepat dan bisa kamu coba:

Memilih lapisan berpori

Bagi kamu yang belum pernah beli popok, perlu diketahui jika popok terdiri dari tiga lapisan yaitu lapisan inti, dalam, dan luar. Dianjurkan untuk memilih popok dengan lapisan yang berpori karena akan meminimalisir terjadinya gesekan pada kulit anak. Selain itu, pori pada lapisan inilah yang menjadi ruang untuk sirkulasi udara sehingga kulit anak pun tidak akan lembab dan jadi gatal.

Perhatikan kandungan popok

Banyaknya jenis popok 0-6 bulan membuat kamu harus jeli dalam memilih kandungan yang ada dalam popok tersebut. Sebaiknya kamu memilih popok yang mengandung aloe vera, zinc oxide, ataupun petroleum sehingga kulit bayi tetap bisa kering. Adanya kandungan ini pun akan membuat buah hati lebih nyaman ketika menggunakan popok meskipun dalam durasi lama sekalipun.

Popok yang berubah warna

Salah satu alasan orang tua sering menggunakan popok adalah untuk tidak mengganti celana anak berkali-kali ketika buang air. Meskipun begitu, kamu juga perlu mengecek popok anak setidaknya 2 sampai 3 jam sekali sehingga kotoran tersebut tidak mengendap di kulit anak. Sebaiknya, kamu juga memilih popok yang berubah warna ketika ada kotoran sehingga popok pun bisa cepat diganti dan kulit anak akan selalu bersih.

Memilih popok celana atau karet

Hal berikutnya yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih popok 0-6 bulan adalah popok yang berupa celana ataupun perekat. Apabila anak barusan lahir, sebaiknya kamu memilih popok dengan perekat karena lebih tahan bocor dan kecil resikonya untuk timbul alergi. Sebaliknya, anak yang sudah mulai berjalan dianjurkan untuk menggunakan popok celana karena akan memudahkan anak untuk bergerak.

Pilih popok yang mengandung AGM

Pastinya banyak dari kamu yang bertanya-tanya apa pentingnya AGM pada popok kan? AGM alias absorbent gelling material adalah salah satu zat kimia yang berfungsi untuk memisahkan cairan urin dari feses. Selain itu, adanya AGM pada popok juga berfungsi untuk menjaga kestabilan PH popok dan menahan cairan pada matriks popok tersebut.

Memilih jenis popok

Seiring dengan perkembangan zaman, jenis popok 0-6 bulan pun semakin bertambah dan terbuat dari bahan yang beragam pula. Beberapa jenis popok yang mudah untuk ditemukan di pasaran adalah popok polyester, katun, rami, ataupun bambu. Sebaiknya kamu memilih popok yang terbuat dari bahan katun karena sifatnya yang tidak terlalu ketat. Adanya ruang pada popok akan membuat kulit anak lebih kering dan meminimalisir timbulnya rasa gatal pada bagian sensitif anak.

Pilih popok sesuai budget

Satu hal lagi yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih popok 0-6 bulan adalah harganya. Jangan sampai kamu memilih popok yang harganya murah namun membahayakan kesehatan anak. Tidak ada salahnya untuk memilih popok dengan harga yang sedikit mahal namun sudah terjamin kualitasnya.

Sudah tidak bingung lagi kan cara memilih popok 0-6 bulan yang tepat? Yuk pilih popok yang memang sesuai kebutuhan anak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *