Variasi Perlengkapan Makan Anak yang Bagus: Pilih Mana?

Bagi sebagian orang, memilih perlengkapan makan anak merupakan sesuatu yang cukup repot. Hal itu karena perlengkapan makan harus aman dan tidak menimbulkan dampak buruk bagi anak. Kamu tidak perlu bingung jika ingin membeli perlengkapan makan anak. Kamu bisa memilih alat makan yang sesuai dengan usia buah hati. Apa saja perlengkapan yang harus dipersiapkan? Berikut beberapa produk yang bisa disiapkan untuk si kecil jagoan kamu.

Piring atau Mangkok Makan

Bicara tentang makan tentu tidak bisa lepas dari piring atau mangkok makan. Tanpa adanya wadah makanan tentu kamu akan bingung bukan bagaimana menampung makanan yang akan disuapkan ke buah hati? Biasanya para bunda lebih memilih wadah makan berbentuk mangkok daripada piring karena lebih nyaman digunakan. Wadah mangkok sangat sesuai untuk putra putrimu yang masih bayi karena makanan bayi masih berupa makanan yang lembut. Jika buah hati sudah mulai bisa makan nasi atau makanan kasar lainnya, kamu bisa mengganti wadah dengan piring yang sesuai dengan usianya. Kamu bisa memilih perlengkapan makan anak yang aman dengan memperhatikan bahannya. Hindari bahan keramik atau kaca karena terlalu berat dan mudah pecah. Pilihlah bahan yang bebas zat kimia beracun dengan membeli produk non BPA, phthalates atau PVC. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.

Sendok atau Garpu Makan

Perlengkapan makan anak yang harus disiapkan selanjutnya adalah sendok dan garpu. Penting bagi para bunda untuk memilih sendok atau garpu yang sesuai dengan perkembangan anak. Kamu harus bisa memilih ukuran sendok yang sesuai dengan mulut bayi, ya. Jangan sampai menyuapi buah hati dengan sendok ukuran orang dewasa. Jika si kecil jagoanmu sudah bisa makan sendiri, kamu juga harus mempersiapkan sendok yang sesuai dengan ukuran mulutnya. Sendok yang terlalu besar, akan membuat anak kesulitan memasukkan makanannya ke dalam mulut. Selain itu, hindari garpu dengan permukaan yang tajam. Permukaan yang tajam dapat melukai mulut anak dengan mudah karena lapisan kulit anak masih sensitif. Kamu juga harus memastikan produk sendok dan garpu yang disiapkan bebas BPA, PVC dan phthalates.

Bib Makan

Perlengkapan makan anak yang berikutnya adalah bib. Bib atau biasa disebut dengan celemek, diperlukan untuk buah hati agar pakaian tidak kotor saat makan. Saat menyuapi anak, biasanya mereka akan bergerak-gerak sehingga menyebabkan makanan tumpah dan mengotori pakaian. Pilihlah bib dengan bahan yang halus dan lembut agar kulit buah hati kamu tidak mengalami iritasi. Bib sekarang tersedia dengan berbagai pilihan. Ada bib berbahan kain dengan motif gambar yang lucu. Ada juga bib berbahan plastik atau silikon yang dapat dengan mudah dibersihkan. Lengkapi perlengkapan makan anak dengan bib lucu yang warna warni.

Gelas atau Botol dengan Bentuk Khusus

Anak kecil memang belum bisa memegang gelas biasa dengan sempurna. Jadi kamu harus menyediakan gelas atau botol yang memiliki pegangan dan penutup khusus. Menyiapkan perlengkapan makan anak dengan baik dapat membuat nafsu makan anak meningkat. Jadi pastikan kamu memberi tempat minum yang sesuai dengan usianya. Jika dari bahan plastik, pastikan untuk memilih tempat minum yang bebas dari bahan BPA, PVC dan phthalates.

Mempersiapkan segala keperluan anak sangat penting. Kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap perlengkapan yang disiapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *