Yuk, Cari Tahu Manfaat Minyak Kayu Putih Anak! 

Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal akan kekayaan tanaman herbalnya. Banyak tanaman herbal ini diolah menjadi obat-obatan tradisional yang dipercaya bisa membuat badan selalu fit. Bahkan ada juga beberapa obat tradisional yang aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak sekalipun. 

Salah satu obat tradisional yang dimaksud adalah minyak kayu putih anak. Minyak kayu sendiri dikenal sebagai obat tradisional yang mampu mengusir masuk angin hanya dalam waktu beberapa jam. Bahkan saat ini ada minyak kayu putih yang bisa digunakan untuk anak dan pastinya juga aman alias tidak menimbulkan reaksi alergi tertentu. Lalu apa saja sebenarnya manfaat dari minyak kayu putih? Nah daripada tambah penasaran, yuk simak beberapa manfaat dari minyak kayu putih satu ini! 

Meredakan batuk 

Batuk adalah salah satu penyakit yang sering menyerang anak menyerang daya imunnya yang belum sebagus orang dewasa. Uap yang berasal dari minyak kayu putih akan berfungsi sebagai dekongestan alami yang mampu melegakan tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaat ini pun cukup mudah, tepatnya kamu hanya perlu mengusapkan minyak kayu putih pada daerah hidung dan sekitarnya. 

Meredakan sinusitis 

Bukan hanya mampu meredakan batuk, minyak kayu putih ini juga terbukti mampu mengatasi berbagai permasalahan pernafasan seperti sinusitis ataupun asma. Uap dari minyak kayu putih mampu mengurangi cairan pada saluran pernafasan sehingga bisa kembali bekerja seperti sedia kala. 

Mengurangi rasa pusing 

Meskipun namanya minyak kayu putih anak, minyak kayu putih ini juga memiliki banyak manfaat untuk orang dewasa juga lho! Baik untuk anak ataupun kamu, minyak kayu putih anak ini juga mampu meredakan sakit kepala ringan ataupun yang parah. Tentunya hal ini tidak terlepas dari fungsi utama minyak kayu putih yang mampu menghangatkan tubuh. Perlu berhati-hati ketika menggunakan minyak kayu putih di daerah kepala karena bisa masuk ke dalam mata dan menyebabkan iritasi. 

Menurunkan demam 

Belum puas dengan manfaat dari minyak kayu putih yang disebutkan barusan? Tenang saja, minyak kayu putih anak ini juga terbukti ampuh untuk menurunkan gejala demam lho! Tidak heran jika minyak kayu putih sering digunakan pada anak yang demam, baik dioleskan ataupun diminum dengan dicampur air mineral. Dijamin demam pun akan turun dalam waktu singkat karena banyaknya bahan alami yang ada pada minyak kayu putih. 

Mempercepat penyembuhan luka  

Anak terluka ketika pulang dari bermain? Tidak perlu khawatir, luka tersebut bisa diatasi dengan minyak kayu putih anak kok! Tingginya kandungan citronello, citronellal, beserta 1,8 cineole terbukti mampu berperan sebagai anti-bakteri sehingga mempercepat penyembuhan luka. Anak pun tidak akan rewel lagi karena lukanya yang tidak kunjung sembuh.  

Mengatasi herpes 

Manfaat minyak kayu putih berikutnya adalah mampu meredakan gejala herpes yang pastinya menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya. Manfaat dari minyak kayu putih ini tentunya tidak terlepas dari tingginya kandungan berbagai bahan alami sehingga minyak kayu putipun bisa berperan sebagai anti-inflamasi.  

Menghilangkan bau mulut 

Satu lagi manfaat dari minyak kayu putih yang tidak boleh dilupakan adalah menghilangkan bau mulut. Minyak kayu putih sendiri kaya akan kandungan anti-bakteri yang mampu mengatasi bau mulut yang biasanya disebabkan oleh kuman. Selain itu, minyak kayu putih juga mampu mengatasi permasalahan gigi lainnya seperti kerusakan pada gusi ataupun plak. 

Pastinya sudah tidak ada alasan lagi kan untuk meragukan manfaat dari minyak kayu putih anak? Yuk berikan perlindungan terbaik untuk anak mulai dari sekarang dengan memanfaatkan minyak kayu putih secukupnya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *